Flying with China Airlines

Halo, Assalamualaikum readers…

Akhirnya ngeblog lagi.. di tahun yang baru.. Ngomong-ngomong Happy New Year 2016, semoga tahun 2016 bisa lebih baik lagi dari tahun sebelumnya, dan keinginan masing-masing bisa tercapai di tahun ini. Aamiin…

Pertama-tama mau ucap syukur atas semua nikmat-Nya di tahun 2015, akhirnya setelah kurang lebih 4 bulan terakhir berkutat dengan kuliah dan segala macam printilannya, selesai juga semester 5.. Mudah-mudahan bisa memberikan hasil yang terbaik.

Oke cukup sekian intronya, sebenernya di post ini mau review tentang China Airlines. Pengalaman pertama terbang dengan CI di bulan Agustus 2014 *udah setahun lebih ya ternyata* dalam rangka liburan. Direct Flight dari Jakarta ke Hong Kong. CI sendiri merupakan maskapai milik Republik Tiongkok, atau yang lebih dikenal dengan Negara Taiwan. Sebetulnya agak bingung juga, nama maskapainya “China” Airlines, tapi maskapainya milik Taiwan. Kenapa namanya ga Taiwan Airlines sekalian ya? Mungkin karena Taiwan juga termasuk ke dalam teritori dari Republik Tiongkok *jawaban asal*. Main hubnya sendiri berpusat di Taoyuan, Taiwan International Airport.

Awalnya dikasih info bakal terbang dengan CI agak underestimated sih, secara namanya ada embel-embel “China”nya, yang ada di bayanganku langsung produk-produk dan barang “Made In Cina” yang merajalela disini. Ngebayanginnya bakal naik pesawat spooky yang banyak turbulensi dan ga meyakinkan. Kalau di dunia aviasi ada istilah critical eleven, bisa jadi penerbangan ini jadi critical along the flight.. haha. Sampai akhirnya datang tanggal 02 Agustus 2015, dimana kita memulai perjalanan kali ini.

Check in di Soekarno Hatta hampir tengah malam. Penerbangan Jakarta – Hong Kong kali ini direct flight selama kurang lebih 4 jam 50 menit. Sementara perbedaan waktu antara Jakarta – Hong Kong hanya 1 jam, dimana waktu di Jakarta lebih cepat 1 jam di banding Hong Kong. Proses check in dan handling baggage nya sendiri berlangsung lancar di Terminal 2E Soekarno Hatta.

Rute flightnya sendiri dari CGK – HKG – TPE. Jenis pesawat yang kita naiki tipe Boeing 777-300ER dengan konfigurasi seat 3 – 4 -3. Kapasitas seat di economy class sendiri ada 256 seats. Pitch seatnya sendiri juga cukup nyaman dengan jarak 32 inches. Saat pertama masuk kabin, disediakan selimut dan bantal, sayangnya gaada travel pouch yang berisi kaos kaki, pasta gigi, penutup mata dan telinga kayak di full board airlines, macam SQ, Qatar, atau Luthfansa. Untuk in-flight entertainmentnya sendiri ternyata cukup lengkap dan update. Jadi selama hampir 5 jam perjalanan gaakan bosen di pesawat. Mulai dari film, serial TV, lagu, sampai game nya menghibur, tapi karena flight kita tengah malam jadi In-flight entertainment nya ga begitu usefull.

Gimana dengan meal on boardnya?? Ini juga salah satu hal yang penting saat memilih maskapai. Diluar ekspektasi juga meal on board CI ternyata rasanya enak. Entah karena kita berangkatnya dari Jakarta, makanya cateringnya sudah disesuain sama lidah orang Indonesia. Tapi pas penerbangan pulang dari Hong Kong ke Jakarta, makanannya pun tetap enak. Selama penerbangan crew nya cukup sigap bagiin makanan, minuman, dan ngecheck kondisi kabin. Setelah take off penumpang langsung dikasih snack, seperti maskapai pada umumnya snacknya terdiri dari roasted peanuts dan minuman macam orange jus, coffe, tea, dan ada juga minuman beralkohol yang gatau namanya apa*hoho..Ga lama setelah snack dibagiin, penumpang langsung ditawarin sarapan (sarapan yang terlalu pagi) dengan dua pilihan menu, chicken noodles or shrimp rice.

Untuk cabin crew-nya sendiri kebanyakan berwajah oriental, ya wajar juga sih secara maskapainya dari East Asia. Bahasa inggrisnya lancar-lancar, dan memang sepengetahuanku sih rata-rata staffnya ga bisa berbahasa Indonesia. Flight Attendantnya bertubuh ramping, bermata imut-imut, dan cantik-cantik. Hampir seluruhnya juga ramah dan cekatan. Selama penerbangan juga ga merasakan turbulensi yang berarti seperti yang aku bayangkan. Hal itu juga didukung sama cuacanya yang sedang baik. Suara mesinnya pun ga mengganggu dan ga bising.

Jadi secara keseluruhan gimana pengalaman terbang dengan China Airlines? Cukup reccomended kok.. 🙂 Oh iya satu lagi poiny plus dari CI, CI sendiri sudah termasuk ke dalam member SkyTeam

china-airlines-777-300er

Boeing 777-300ER by CI

croppedimage473256-a340

Interior Boeing 777-300ER

calcurrent

Cabin Crew CI

DSC_1004

Meal On Board

DSC_1014

Hong Kong from Sky above

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s